Rabu, 14 Oktober 2015

network error

NETWORK ERROR WINDOWS CANNOT ACCESS



Hampir berjalan selama setengah tahun jaringan LAN dikantor bejalan normal jika ada kendala hanya pada masalah-masalah kecil. Tiba-tiba hari ini file server yang biasa digunakan untuk menyimpan dan berbagi file tidak dapat diakses.
 Dengan langkah sigap ane langsung Tanya si embah, ternyata permasalahannya adalah pada network discovery yang terdisable atau off, sudah sampai disini ane udah ngerasa lega kana masalahnya sudah dapat diketahui, tanpa banyak basa basi takut keburu basi ane langsung menuju TKP
dari beberapa artikel yang ditemukan hasil dari tanya si embah google semua sepakat ini masalah network discovery yang dalam kondisi off, yang jadi pertanyaan kemudian ialah bagaimana kalau ternyata tidak bisa diaktifkan atau disable dari windowsnya???
tanpa panjang lebar ane langsung tanya lagi si embah, alhamdulilah pencari berbuah maniz prmasalahan ditemukan. penyebabnya dalah ada beberapa services windows yang terdisable dengan sendirinya.
untuk mengaktifkannya,.
buka Run-- lalu ketikan Services.msc
ternya ada beberapa services yang membuat network discovery menjadi disable, berikut adalah services yang harus di aktifkan.
klik  kanan "ssdp discovery",
  properties, Tab General, Startup type set auto

- klik  kanan "upnp device host",
  properties, Tab General, Startup Type set auto
sampai pada tahap ini ane mulai pede karna network discovery ternyata sudah aktif dan pasti bisa diakses dalam jaringan. kemudian ane buka lagi dengan penuh harapan masalah tersebut sudah teratasi. ternya fileserver masih belum dapat diakses,,,Why????????
dengan penuh rasa kesal dan kecewa ane tanya lagi ke embah google,tidak ada satupun artikel yang ditemukan, pembahasan hanya pada seputar network discovery.
dengan sedikit merenung akhirnya jawaban itu muncul dengan sendirinya (bisikan gaib). 
kalau difikir-fikir windows OS adalah OS yang paling banyak scuritynya meskipun mudah dibobol atau diakal-akalin...pisss
dimulai dari firewall sampai antivirusnya dinon aktifkan. pasti sobat udah pada tau dengan yang satu ini, jadi ga usah dibahas lagi. disamping itu ada hal yang paling terpenting yaitu protectsi pada harddisk, caranya:
klik kanan mycomputer - properties - system protection. pastikan bahwa drive yang dishare dalam kondisi off atau mati.
cara kedua buka drive yang dishare tadi
klik kanan drive ybs - properties - security - edit -add -advanced - find now - pilih everyone - kemudian centang semua.




demikianlah sedikit solusi yang dapat ane sampaikan,,,semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar